Contoh Contoh Pidato

loading...
Beberapa Contoh Pidato ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Contoh Teks Pidato yang memang banyak dicari orang.Agar tak banyak cakap lagi, maka kami berikan saja Contoh Pidato Singkat ini untuk anda yang memang butuh.

Menurut pengertiannya, pidato singkat adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato singkat biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato singkat merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Fungsi Pidato Singkat
Beberapa fungsi pidato singkat yang tak banyak orang ketahui adalah:

Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato persuasif tersebut.
Mempermudah komunikasi.
Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.

Metode Pidato Singkat
Tak sembarang berbicara di depan publik, pidato singkat juga ada metode-metodenya yang tak banyak orang ketahui. Berikut adalah metode-metode yang sering digunakan orang saat berpidato:

Impromptu yaitu metode berpidato yang serta merta tanpa adanya persiapan
Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato persuasif terlebih dahulu.
Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato persuasif .
Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato persuasif yang akan disampaikan.
Lantas, siapa saja sih melakukan pidato singkat? Tidak sembarang orang, berikut adalah beberapa orang yang sering memberikan pidato singkat di beberapa acara-acara.

Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya.
Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis.
Dipraktikkan untuk menenangkan massa atau khalayak ramai.
Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato
Anda bisa menyiapkan sebuah teks kecil jika tidak sanggup menghapal contoh pidato bahasa indonesia singkat atau belum terbiasa untuk melakukan pidato persuasif secara natural. Berikut ada beberapa contoh pidato singkat tentang berbagai bidang yang dapat Anda jadikan sebagai suatu referensi.

Contoh Pidato Singkat
Contoh Pidato Singkat Contoh Pidato Singkat
1. Contoh Pidato Tentang Kebersihan – Pidato Tema Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu perilaku kecil yang dapat bermanfaat dalam menyelamatkan bumi kita. Dalam kesempatan kali ini, Mamikos akan memberikan contoh naskah pidato tentang kebersihan lingkungan atau contoh pidato tema lingkungan. Berikut contoh pidato bahasa indonesia singkat pendeknya.

Contoh Pidato Tentang kebersihan - pidato tema Lingkungan Sekolah



Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati,
Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

2. Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas – Teks Pidato Pergaulan
Pergaulan bebas merupakan salah satu tindakan sosial yang kerap kita saksikan di tengah-tengah masyarakat. Tak hanya terjadi di perkotaan saja, pergaulan bebas juga kerap terjadi di pedesaan. Setelah sebelumnya membahas contoh pidato singkat tentang lingkungan, selanjutnya Mamikos akan mencoba memberikan contoh pidato tentang pergaulan bebas singkat.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas



Bismillahirrohmaanirrohiim
Assalamualaikum wr, wb.
Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,
Di siang hari ini, marilah pertama-tama kita mengucap syukur kepada Sang Illahi atas rahmat dan karunia yang telah Dia berikan, sehingga kita semua bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. Pada siang hari yang cerah ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat yang berkenaan dengan pergaulan bebas yang kerap kita temui di sekitar kita.
Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui belakangan ini banyak media yang menayangkan dan membahas tentang pergaulan bebas. Hak ini tentu membuat kita sebagai orang tua cukup resah. Karena setiap harinya kita tidak bisa mengontrol pergaulan anak kita, alangkah lebih baiknya kita membantu memberikan arahan di setiap harinya. Karena sama seperti kasus lainnya, pergaulan bebas juga tentu ada penyebabnya.

Adapun faktor yang menjadi munculnya pergaulan bebas ini antara lain kurangnya kasih sayang dan arahan dari kita selaku orang tua. Tak hanya itu saja, teman dan lingkungan yang buruk, serta penggunaan internet yang tidak bijaksana juga menjadi salah satu faktornya pula. Apabila faktor-faktor tersebut tidak dapat diatasi, maka anak-anak kita akan semakin terjerumus ke dalam pusaran pergaulan bebas. Tak dapat dipungkiri jika nantinya anak-anak kita harus menanggung konsekuensi negatif akibat pergaulan bebas yang mereka jalani saat ini. Beberapa konsekuensi negatef tersebut seperti kecanduan obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, melakukan tindakan kriminal, dan lainnya.
Oleh karena itu, kita selaku orang tua ada baiknya dapat membantu untuk mencegah hal-hal tersebut dengan berbagai upaya. Tak hanya memberikan arahan kepada anak-anak kita saja, Anda juga harus memberikan kasih sayang yang cukup sehingga anak-anak kita tidak perlu mencari perhatian berlebihan di luar sana dan terhindar untuk melakukan tindakan negatif. Dengan memberikan pengarahan dan didikan yang tepat, diharapkan anak-anak kita nantinya akan mampu menghindari pergaulan bebas. Selain itu, mengenalkan anak kepada teman dan lingkungan yang baik juga patut untuk dilakukan.
Dengan melakukan beberapa hal kecil tersebut, kita sebagai orang tua bisa membantu untuk menghindarkan anak-anak kita ke dalam pusaran pergaulan bebas.
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan pada pidato kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum wr, wb.

3. Contoh Pidato Tentang Narkoba – Naskah Pidato Singkat Narkoba


Berbicara mengenai narkoba, tentu selalu menimbulkan pro dan kontra di masyarakat kita. Narkoba memang tengah menjadi kasus sangat besar yang tengah dihadapi oleh negara kita. Akhir-akhir ini semakin banyak ditemukan remaja di usia dini hingga dewasa yang menyalahgunakan narkoba. Tertarik untuk memberikan ceramah singkat mengenai narkoba? Mungkin Anda bisa contoh pidato tentang narkoba singkat padat dan jelas khususnya bagi para pelajar yang rentan terkena narkoba. Pidato singkat tentang narkoba di kalangan pelajar, pidato singkat tentang bahaya narkoba bagi pelajar serta pidato tentang bahaya narkoba bagi generasi muda dianggap penting untuk dilakukan sebagai antisipasi awal pencegahan narkoba bagi para pelajar. Berikut ada satu contoh pidato singkat narkoba lingkup pelajar, Mamikos harap pidato singkat tentang penyalahgunaan narkoba dapat menambah referensi Anda tentang bahaya narkoba bagi remaja.

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah, Bapak/Ibu Guru dan staf Tata Usaha
serta siswa-siswi yang saya cintai

Di siang hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat jasmani maupun rohani.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara kita telah menemukan fakta baru yakni jumlah pengguna narkoba yang begitu besar. Karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia secara leluasa untuk menyebarkan obat-obat terlarang ini di negara kita. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif sejenis ini tentu membawa dampak yang luas dan kompleks bagi kita semua. Salah satu contoh dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Namun, Bapak/Ibu serta siswa-siswi sekalian, sebenarnya penyalahgunaan narkoba ini dapat sama-sama kita cegah melalui program-program yang telah banyak diadakan oleh pemerintah maupun lembaga sosial dan kelompok-kelompok sosial. Program ini seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba-coba suatu hal yang baru, pengguna narkoba di negara kita pun didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Selain kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah saya sebutkan, sebenarnya pihak sekolah juga telah sering memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP,  kemudian melalui diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi serta seminar-seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini, apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

4. Contoh Pidato Tentang Kesehatan – teks Pidato Singkat Kesehatan
Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Kesehatan memang adalah harta yang paling berharga yang pernah kita miliki. Baik kesehatan rohani maupun kesehatan jasmani, tentu tak mudah untuk dapat menjaganya. Anda bisa mengawali untuk menjaga kesehatan dengan mengatur pola makanan, ada banyak contoh pidato tentang kesehatan makanan yang dapat Anda dengarkan dan mungkin bisa menjadi pencerahan dalam memberikan pengetahuan tentang makanan yang baik dan tidak untuk kesehatan kita. Sudah banyak sekolah-sekolah yang memberikan contoh ceramah kesehatan sekolah guna memberikan gambaran kepada para remaja bagaimana cara menjaga kesehatan yang baik dan benar. Berikut Mamikos berikan salah satu contoh pidato  tentang kesehatan yang mungkin bisa menambah referensi Anda ketika ingin membuat sebuah teks pidato singkat.



Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai
Segala puji dan syukur kita panjatkan bagi sang pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa berkumpul bersama di sini. Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat mengenai “Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini” agar kita semua yang ada disini bisa sadar akan kesehatan tubuh kita.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin Anda pernah mendengar kata pepatah yang bilang bahwa “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kata pepatah ini secara tidak langsung telah menyadarkan kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat. Ada pula slogan yang mengatakan bahwa “kesehatan sangat mahal”, secara tidak langsung slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat. Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian coba bayangkan keadaan kita sekarang, kita harus bersyukur karena masih diberikan nafas untuk dapat menikmati hidup. Namun, coba bayangkan pula jika tiba-tiba Anda terkena penyakit stroke atau terkena serangan jantung, tentu menyeramkan bukan? Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, Anda juga akan membuang banyak waktu kita secara sia-sia karena harus dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh terbukti menjadi satu hal yang sangat penting untuk kita semua lakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kita.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, jika kita dapat menjaga kesehatan sedari sekarang maka kita semua pun bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman pula. Tubuh yang sehat secara tidak langsung akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar serta bekerja dan juga membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik saat belajar. Kenapa demikian? Karena tubuh sehat lah yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal. Menjaga kesehatan juga tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh masyarakat yang sehat baik secara jasmani maupun secara rohani. Namun, jika suatu bangsa dihuni oleh masyarakat yang tidak sehat apalagi rohaninya, maka masa depan bangsa tersebut pula akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua terutama dalam menjaga kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

5. Contoh Pidato Tentang Kenakalan Remaja
Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja

Jika sebelumnya Mamikos sudah membahas contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, kali ini Mamikos akan memberikan contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja serta naskah pidato panjang tentang kenakalan remaja yang bisa membantu Anda dalam membuat sebuah teks pidato singkat lucu tentang kenakalan remaja. Berikut contohnya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara siang hari ini.
Yang terhormat Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai, kita semua tentunya sudah mengetahui dan menyadari betapa banyaknya fenomena kenakalan remaja di sekitar kita. Beberapa contoh kenakalan remaja tersebut seperti pengenalan rokok dan narkoba sejak usia dini, yang mungkin awalnya hanya ingin mencoba hingga menjadi ketagihan dan kecanduan. Adapun penyebab masalah dari kenakalan remaja ini sesungguhnya diakibatkan karena kesalahan orang tua dalam cara mendidik, kesalahan orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan aktifitas anak mereka. Namun tak bisa menyalahkan orang tua sepenuhnya, kenakalan remaja banyak terjadi juga disebabkan oleh pergaulan bebas yang akhirnya menjerumuskan mereka ke pergaulan yang salah. Memiliki banyak teman sesungguhnya adalah hal yang baik, namun kita pun juga harus berhati-hati dalam memilih teman, supaya nantinya tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.
Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai, sesungguhnya masih banyak lagi contoh kenakalan remaja yang salah dan ada di lingkungan kita. Misalnya saja seperti tawuran antar pelajar, geng motor, mabuk-mabukan, dan perjudian. Marilah kita bersama-sama menjauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, karena hal-hal seperti itu sesungguhnya hanya akan merugikan diri kita sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja Anda dengan hal-hal positif serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua serta nusa dan bangsa.
Teman-teman sekolah saya yang saya banggakan, mulai sekarang selektiflah dalam mencari teman. Ingatlah bahwa tidak ada satupun orang tua yang menginginkan ananya berperilaku buruk apalagi sampai terjerumus kedalam kenakalan remaja. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini terkait kenakalan remaja ini berguna buat kita semua terutama dalam memilih pergaulan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

6. Contoh Pidato Tentang Disiplin – contoh pidato singkat
Contoh Pidato Tentang Disiplin
Disiplin merupakan sikap mental yang tecermin dalam perbuatan tingkah laku perorangan, kelompok atau masyarakat berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan, ketentuan, etika, norma dan kaidah yang berlaku. Disiplin tak hanya harus diterapkan dalam bekerja dan ketika di sekolah saja, tetapi juga di setiap aktifitas lainnya yang kita jalani misalnya dalam displin berpakaian . Anda bisa mendengarkan pidato singkat disiplin berpakaian, naskah pidato tentang kedisiplinan kunci kesuksesan, teks pidato tentang disiplin dalam mengatur waktu belajar, atau pidato singkat disiplin kunci meraih kesuksesan untuk menambah pengetahuan tentang apa saja hal-hal yang harus diterapkan supaya bisa lebih disiplin. Berikut ada contoh pidato singkat tentang kedisiplinan dimulai dari diri sendiri yang dapat Anda pergunakan sebagai referensi untuk membuat sebuah contoh pidato singkat tentang disiplin di sekolah.
Selamat siang.
Murid-murid yang saya sayangi di sekolah ini,
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga bisa berkumpul di tempat ini. Terima kasih juga saya panjatkan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah datang untuk berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang kedisiplinan siswa di sekolah.
Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan tentang kedisiplinan siswa di sekolah. Saya sering menemukan banyak murid yang masih sering melanggar aturan yang dibuat untuk menjaga kedisplinan selama berada di lingkungan sekolah. Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus terbiasa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang dan lebih konsen lagi. Murid-muridku terkasih, kalian harus tahu bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang mulailah untuk lebih berdisplin lagi dengan cara tidak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tidak makan di dalam kelas, dan tidak berkelahi sesama murid lainnya. Murid-muridku terkasih, kalian tidak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman. Kalian harus mentaatinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga merupakan salah satu sikap disiplin, rendah hati pun demikian.
Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kalian lakukan agar dapat disiplin di sekolah. Demikian yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin merupakan kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat berguna bagi kita semua. Terima kasih saya hanturkan sebelumnya.
Selamat siang.



7. Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air – Naskah Pidato
Di hari peringatan Kemerdekaan atau hari-hari mengenang para pahlawan, biasanya pidato tentang cinta tanah air disampaikan di acar-acara. Tak banyak yang tahu, agar naskah pidato singkat tersebut pada akhirnya tidak membosankan, maka harus disampaikan sesuatu yang menarik dan membuat orang dengan senang hati akan mendengarkan sekaligus menyimak apa yang disampaikan. Seperti apa? Simak teks pidato singkat di bawah ini:

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan kehadiratNya lah kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato singkat. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Tentunya kata-kata Cinta Tanah Air sudah teramat sering teman-teman semua dengar. Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Jawaban menarik dari pertanyaan tersebut adalah kita harus Cinta Tanah Air kita karena di sanalah kita berdiri dan berpijak, di atas tanah air dan tumpah darah kita. Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam, kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua. Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita.Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri.Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita.Walau kita membeli d luar negeri,barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di Negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah.Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan,music,dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia.Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya.Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang megetahinya, akan saya beri tahu. Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain,mencintai produk budaya kita sendiri,dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum W.W.

8. Contoh Pidato Tentang Pentingnya Teknologi Internet 
Tentunya kamu tahu bahwa teknologi internet kini telah menjadi sesuatu yang tak hanya generasi muda saja yang menggunakan, tetapi juga generasi tua. Teknologi internet tersebut kini juga digunakan tak hanya untuk browsing saja tapi juga digunakan di dunia perdagangan dengan maraknya online shop. Untuk lebih jelasnya, simak pidato singkat mengenai pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini:

Assalamualaikum W.W

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keaadaan sehat walafiat. Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini.Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini.

Di zaman sekarang ini, internet tentunya telah menjadi hal yang bisa dibilang paling banyak dilakukan. Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita. Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini. Dahulu internet jarang dipakai. Namun sekarang internet sudah banyak yang memakai. Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi. Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa. Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita. Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan,tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas. Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman,sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang. Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan ponsel. Namun,sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer. Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet. Sekarang,dizaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Jadi, manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu meyelesaikan pekerjaan. Sekarang laptop, ponsel, dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet. Harapan saya, semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.

Wasalamualaikum W.W


Contoh Contoh Pidato Contoh Contoh Pidato Reviewed by Situs Booking Hotel on Oktober 10, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.