Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas Garut

loading...
Datang dan ingin tahu Pesona Garut, maka bisa juga anda datangi satu tempat menarik yaitu Kawah Talaga Bodas yang berada di Wanaraja Garut. Wisata Talaga Bodas Garut ini telah menjadi salah satu daya tarik dan wahana wisata alam yang cukup diminati para pelancong.Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas Garut, belum bisa berkembang maksimal sebagai icon dari Pesona Garut / Tempat Wisatanya.

Taman Wisata Alam ( TWA ) Talaga Bodas merupakan kawah yang membentuk sebuah danau dengan air berwarna putih. Kawasan TWA ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. TWA Talaga Bodas dikelola berdasarkan aspek legalitas berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978. Kawasan TWA Kawah Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha. kawah Talaga Bodas berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam.

Daerah Kawah Talaga Bodas memiliki temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per tahun, dengan curah hujan 1321 mm / tahun serta penyinaran matahari yang sedang. Flora dominan kawasan sekitar Kawah Talaga Bodas berupa tanaman kebun seperti ; tomat, kol dan rumput ilalang. Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik.
Aktivitas wisata yang ada berupa trekking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan-jalan.

Lokasi:  Desa Sukamenak kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut
Arah:  berada di jarak 8 km dari Kecamatan Wanaraja, 20 km dari kota Garut, dan 83 km dari Bandung. Sedangkan jarak lokasi kawah ke terminal Guntur – Garut sejauh 20 km. Untuk mencapai ke lokasi TWA Kawah Talaga Bodas dapat menggunakan alat transportasi yang melewati jalan akses berupa angkutan kota dengan trayek : Garut-Cibatu, Garut-Cikelet, Terminal Guntur-Sukawening, dan jalur Terminal Guntur-Perumnas Cempaka Indah. 

Atau dapat juga mempergunakan alat transportasi tradisional berupa delman dan ojeg di ujung masuk jalan akses. Para pengunjung pada umumnya mencapai lokasi dengan membawa kendaraan pribadi.
Fasilitas: 2 Shelter dan gerbang masuk.

Bila anda tertarik untuk berkunjung ke Kawasan Gunung dan Kawah /  Danau Talaga Bodas ,maka ada baiknya perjalanan ke sana dilakukan di pagi hari.
Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas Garut Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas Garut Reviewed by Situs Booking Hotel on Juni 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.